Wednesday 21 June 2017

Dimana Kota Jayapura ? Ini Penjelasannya

Jayapura, ya saya tahu itu ada di papua. tetapi apakah kalian tahu dimana letak geografis dan astronomis Kota Jayapura? Dapat dipastikan lebih dari 70% masyarakat indonesia belum tahu dimana letak geografis Kota Jayapura. Bahkan yang membuat saya resah untuk menulis ini adalah masyarakat Indonesia yang hafal akan peta dunia bahkan peta di Negara lain, tapi belum sekalipun menginjak Jayapura bahkan tanah Papua sekalipun. Yang perlu diketahui bahwa Jayapura atau Papua masih bagian dari Negara Indonesia.
Nah, disini saya akan menjelaskan dimana letak Kota yang terkenal dengan klub bola asalnya yaitu Persipura Jayapura.




Gambar diatas adalah gambar yang saya ambil dari mesin pencarian (google). Kita semua tahu bahwa gambar diatas adalah gambar peta dunia (bukan versi flat earth). Dan kita semua juga tahu bahwa Negara Indonesia berada pada benua Asia Tenggara (seperti pada lingkaran merah).




Sekarang mari kita zoom in, khusus peta Indonesia seperti dibawah ini :




Dari peta diatas, saya yakin bahwa kita semua tahu dimana Kota Jakarta, Makasar, Aceh, Denpasar, Yogyakarta dan kota besar lainnya. Tetapi apakah kalian tahu dimana letak Kota Jayapura ?
Dari pengalaman saya berinteraksi, kebanyakan orang mengatakan Jayapura berada di dekat Raja Ampat. Bahkan saya pernah mendengar juga jawaban bahwa Jayapura berada di NTT. Tentu ini salah besar. Disini saya tegaskan bahwa Jayapura Jauh dari Raja Ampat, dan Jayapura Bukan berada di NTT.





Jayapura berada pada 1°28”17,26”LS - 3°58’082”LS dan 137°34’10,6”BT - 141°0’8’22”BT. Berdasarkan data dari pemerintah tahun 2016, Kota Jayapura memiliki luas 940 km2 (940.000 Ha). Kalau dibandingkan, Luas kota Semarang adalah 373,8 km2, Luas kota Surabaya adalah 350,5 km2 dimana Kota Jayapura hampir 3x lebih luas dari kedua kota tersebut.




Disini yang memiliki luas 940 km2 adalah Kota Jayapura, sedangkan diketahui bahwa Ibukota Kabupaten Jayapura adalah Kota Sentani, dimana berada tepat sebelah barat Kota Jayapura. Di kota Sentani inilah dimana Bandara Udara Sentani Jayapura berada. Yang menarik disini adalah masyarakat mengenal bahwasanya sentani adalah bagian penting dari Jayapura yang juga sebagai jantung perekonomian dan sosial yang berada di Jayapura. Di Jayapura, terdapat 3 daerah besar yang menjadi pusat ekonomi dan pemukiman layaknya kota besar lainnya, ialah Kota Sentani, Abepura, Kotaraja dan Kota Jayapura itu sendiri.


Gambar Jayapura dari Google Maps


Gambar Kota Sentani

Gambar diatas adalah keadaan Kota Sentani (google maps 2017). Bandar Udara Sentani Jayapura yang terdapat dikota Sentani adalah bandara kelas 1 yang sampai saat ini masih diperdebatkan apakah berstatus Bandara Internasional ataukah bandara domestik. Bandar Udara ini juga dilengkapi dengan 3 garbarata, yang memudahkan penumpang dari ruang tunggu menuju pesawat tanpa keluar bangunan dan sebaliknya. kota sentani berada pada tepi Danau sentani yang sangat indah. Perjalanan dari bandara ini menuju kota Jayapura, akan melewati tepian Danau sentani yang dimana kita disungguhkan dengan pemandangan yang luar biasa. Perjalanan menuju kota Jayapura memakan waktu kurang lebih 50 menit dengan kenndaraan bermotor.


Sedangkan pelabuhan yang dimiliki Jayapura berada tepat dikota Jayapura Itu sendiri, karena sejatinya Kota Jayapura berada pada tepian Laut yang membuat pemandangan siang maupun malam kota ini sangat menarik untuk dikunjungi.




Dan banyak yang tidak tahu bahwa Jayapura merupakan salah satu kota yang berada pada garis luar Negara Indonesia karena kota Jayapura hanya berjarak sekitar 57 km dengan perbatasan Indonesia - Papua New Guinea. Seperti pada gambar dibawah ini, hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 setengah jam perjalanan untuk mencapai perbatasan Indonesia - Papua New Guinea.





Kesimpulan :
Dari semua yang sudah saya bahas diatas, dapat diambil beberapa poin sebagai kesimpulan pada bahasan kali ini, antara lain :

1.  Jayapura itu di Papua, Papua itu di Indonesia.
2. Jayapura berada pada punggung pulau papua, dimana berdekatan dengan perbatasan Indonesia - Papua New Guinea.
3.  Jayapura JAUH dari Raja Ampat.
4.  Luas Jayapura adalah 3x luas kota Surabaya atau Semarang.
5.  Jayapura MEMILIKI sedikitnya 3 Mall, dengan bioskop XXI.
6.  Di Jayapura banyak bangunan tinggi.
7.  Jayapura memiliki Bandar Udara kelas I dan Pelabuhan II.


Dengan adanya artikel ini, saya berharap bahwa Jayapura lebih dikenal oleh masyarakat bukan sebagai daerah yang tertinggal atau pedalaman seperti yang ada pada benak masyarakat. Yang saya harapkan juga, media bisa meliput pembangunan dan perkembangan apa saja yang ada di Jayapura, agar Indonesia tahu keberadaan dan keadaan di Jayapura dan daerah-daerah lainnya.

Semoga masyarakat lebih gemar untuk membaca dan mencari tahu mengenai daerah-daerah yang ada di Indonesia, terkhusus untuk daerah-daerah yang sering belum diliput oleh media.

Untuk keindahan Kota Jayapura dan apa saja yang menarik dari Jayapura, akan saya bagikan di lain kesempatan.
Ini adalah sedikit gambaran keadaan Jayapura :





No comments:

Post a Comment